MENGENAL SYNTAX PADA PEMPROGRAMAN JAVA
>>> Definisi Syntax
Kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa.
- Syntax mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan/urutan dari pemilihan suatu kata dasar.
- Kata dikonstruksikan dengan karakter-karakter alfabet.
contoh keyword (reserve word) dalam bahasa C : while, do, if, else, dll.
- Syntax mengatur cara mengkombinasikan kata-kata tersebut ke dalam
suatu statement dengan bentuk yang benar sehingga dapat disusun suatu
program yang dapat berjalan dengan benar.
- Syntax tidak mengerti arti atau isi dari suatu kalimat, semantic yang bisa mengartikannya.
- Syntax menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk kominikasi antara
programmer dan pemroses bahasa pemrograman, sehingga mempermudah
pembuatan suatu program.
- Syntax dari bahasa pemrograman didefinisikan dengan dua kumpulan aturan, yaitu aturanlexical dan aturan syntactic.
- Aturan leksikal menspesifikasikan kumpulan karakter yang terdapat
dalam alfabet dari bahasa dan cara supaya karakter-karakter tersebut
dikombinasikan ke dalam kata-kata yang valid dan dapat diterima.
>>> Fungsi Syntax
Sintaks berfungsi menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk komunikasi antarprogrammer dan pemroses bahasa pemrograman sehingga dapat mempermudah pembuatan suatu program.
>>> Kriteria Syntax
1) Readability : Mudah dibaca.
2) Writeability : Mudah ditulis.
3) Verifiability : Verifikasi program (konsep kebenaran).
4) Kemudahan Translasi : Penerjemah yang cepat & menghasilkan kode yang efisien.
5) Pengurangan Ambiguitas : Dua arti atau lebih, contoh Array (pemanggilan fungsi)
>>> Kayword Syntax
>Abstract
Abstract digunakan untuk mendeklarasikan secara umum dari subclass atau untuk menyatakan kelas atau method. Abstract tidak bisa digunakan secara langsung harus diletakan sebelum tipe variable dan tipe method return.
>Assert
Assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar di titik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, suatu Assertion error dilemparkan dan program berakhir. Kata kunci ini dimaksudkan untuk membantu dalam debugging.
Dimana expression1 adalah sebuah boolean yang akan melemparkan assertion jika bernilai false, ketika dilemparkan, pengecualian error pada assertion dengan parameter expression2
> Boolean
Boolean merupakan kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan suatu boolean , baik itu false maupun true. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.
Adapun contoh penggunaan pada program :
>Break
Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program di pernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini atau pernyataan.jika diikuti oleh sebuah label , program resume eksekusi pada pernyataan segera setelah pernyataan berlabel melampirkan atau memblokir
contoh penggunaan break pada program :
> Case
Case kata kunci digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch
>Catch
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan di blok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci. Kode itu akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adalah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa
Contoh syntax :
>Byte
Byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Contoh Syntax :
>Double
Double kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe double
>Extends
Digunakan dalam sebuah deklarasi kelas untuk menentukan superclass. Digunakan dalam deklarasi interface untuk menentukan satu atau lebih superinterfaces. Kelas X Y meluas kelas untuk menambah fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan meng-override metode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih interface dengan menambahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y kelas, Interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah parameter ketika Generics
>Float
Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit presisi tunggal IEEE 754-angka floating point. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe float.
>Int
Int kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe int
>Protected
Protected kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin; anggota yang dilindungi hanya dapat diakses oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang sama. dll.....
Abstract digunakan untuk mendeklarasikan secara umum dari subclass atau untuk menyatakan kelas atau method. Abstract tidak bisa digunakan secara langsung harus diletakan sebelum tipe variable dan tipe method return.
>Assert
Assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar di titik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, suatu Assertion error dilemparkan dan program berakhir. Kata kunci ini dimaksudkan untuk membantu dalam debugging.
Dimana expression1 adalah sebuah boolean yang akan melemparkan assertion jika bernilai false, ketika dilemparkan, pengecualian error pada assertion dengan parameter expression2
> Boolean
Boolean merupakan kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan suatu boolean , baik itu false maupun true. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.
Adapun contoh penggunaan pada program :
>Break
Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program di pernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini atau pernyataan.jika diikuti oleh sebuah label , program resume eksekusi pada pernyataan segera setelah pernyataan berlabel melampirkan atau memblokir
contoh penggunaan break pada program :
> Case
Case kata kunci digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch
>Catch
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan di blok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci. Kode itu akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adalah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa
Contoh syntax :
>Byte
Byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Contoh Syntax :
>Double
Double kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe double
>Extends
Digunakan dalam sebuah deklarasi kelas untuk menentukan superclass. Digunakan dalam deklarasi interface untuk menentukan satu atau lebih superinterfaces. Kelas X Y meluas kelas untuk menambah fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan meng-override metode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih interface dengan menambahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y kelas, Interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah parameter ketika Generics
>Float
Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit presisi tunggal IEEE 754-angka floating point. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe float.
>Int
Int kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe int
>Protected
Protected kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin; anggota yang dilindungi hanya dapat diakses oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang sama. dll.....
>>> Mengenal JAVA
java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek 'object oriented
programming (OOP)' yang memfokuskan desain pemrograman pada objek dan
class. Dasar-dasar OOP meliputi istilah class, object, attribute,
method.
Berikut program sederhana yang akan mencetak
- Class: adalah model dari suatu objek yang menjelaskan karakteristik (sifat) serta fungsi yang dimiliki dari suatu objek, Class merupakan wadah (tempat) yang digunakan untuk menciptakan suatu objek. Dengan kata lain sebuah Class merupakan blueprint dari suatu objek.
- Object: Setiap objek selalu memiliki suatu keadaan (state) dan behaviour yang dapat mengubah state tersebut. Contoh: manusia memiliki state: umur, tinggi, berat badan, dan sebagainya. Behaviour yang dimiliki oleh manusia dapat berupa: makan, tidur, bekerja, menua, dan sebagainya.
- Attribute: adalah elemen data dari suatu class. Atribut menyimpan informasi tentang class, atribut dapat diartikan sebagai data, variable, properti atau sebuah field.
- Method: adalah sebuah fungsi dalam suatu class, setiap method mempunyai tugas masing-masing, ada dua jenis method dalam bahasa Java yaitu void dan non void method. Void method adalah method yang tidak mengembalikan nilai, sedangkan non void method adalah method yang mengembalikan nilai.
Program Pertama:
Mari kita mulai dengan membuat program sederhana.Aktivitas | Tool/perangkat | Output/keluaran |
---|---|---|
Buat program sederhana | Gunakan text editor kesukaan anda | Simpan file dengan ekstensi .java |
Compile program | Java Compiler | Akan menghasilkan file berekstensi .class yang dinamakan (Java Bytecodes) |
Jalankan program | Java Interpreter | Output program |
Hello World
.
HelloWorld.java
1
2
3
4
5
| public class HelloWorld { public static void main(String[] args) { System.out.print( "Hello World!" ); } } |
- Buka text editor dan ketikan source code di atas.
- Simpan dengan nama
HelloWorld
dengan ekstensi.java
sehingga menjadiHelloWorld.java
- Simpan di drive
D:
di folderjava
:D:\java
atau bisa disesuaikan dengan keinginan anda, jika anda masih bingung ikuti seperti yang saya lakukan. - Buka CMD (Command Prompt).
- Pindah ke path di mana kita menyimpan file
HelloWorld.java
tadi dengan perintahD:
entercd java
enter, sekarang kita sudah berada di pathD:\java>
. - Compile program dengan perintah
javac HelloWorld.java
dan tekan enter, jika tidak terjadi error kita akan kembali ke path di mana kita berada. - Jalankan program dengan perintah
java HelloWorld
. Jika semua perintah di atas dilakukan dengan benar maka kita akan melihat kataHello World!
yang dicetak dengan perintahSystem.out.print("Hello World!");
OUTPUT:
D:
D:\>cd java
D:\java>javac HelloWorld.java
D:\java>java HelloWorld
Hello World!
Tentang sintaks Java yang harus diketahui:
- Case Sensitive: adalah metode yang membedakan penulisan huruf besar dan kecil. Contoh: penulisan
Hello
danhello
dalam bahasa Java mempunyai arti yang berbeda. - Nama Class: semua nama class di Java harus diawali dengan huruf kapital.
Atau jika nama class memiliki lebih dari satu kata, setiap kata harus diawali dengan huruf kapital.
Contoh:class HelloWorld
- Nama Program: nama program harus sama dengan nama class.
Contoh: jika kita membuat program dengan nama classHelloWorld
maka kita harus menyimpannya dengan namaHelloWorld.java
- Nama Method: nama method harus diawali dengan huruf kecil.
Atau jika nama method memiliki lebih dari satu kata, kata kedua dan seterusnya harus diawali dengan huruf besar (kapital).
Contoh:public void iniMethodSaya()
public static void main(String[] args)
- merupakanmain()
method yang akan di eksekusi sebagai main program atau program utama dan setiap program Java harus memilikimain()
method.
Java Identifiers:
Dalam Java, identifier adalah nama yang diberikan untuk variabel, class dan method.- Identifier hanya boleh dimulai dengan huruf (A-Z atau a-z), menggunakan underscore
_
dan tanda dollar$
. - Java key word tidak bisa digunakan sebagai nama identifier.
- Perlu diingat identifier itu case sensitive.
- Contoh yang benar menulis identifier:
$namavariabel
,nama_variabel
,$nama_variabel
- Contoh yang salah menulis identifier:
123namavariabel
,-nama_variabel
Contoh Identifier | $CobaIdentifier.java
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
| public class $CobaIdentifier{ public static void main(String[] args){ String $nama, tanggal_lahir, deskripsi; $nama = "James Arthur Gosling" ; tanggal_lahir = "born May 19, 1955" ; deskripsi = "The father of the Java programming language" ; System.out.println($nama); System.out.println(tanggal_lahir); System.out.println(deskripsi); } } |
OUTPUT:
James Arthur Gosling
born May 19, 1955
The father of the Java programming language
Contoh Case Sensitive | CaseSensitive.java
1
2
3
4
5
6
7
8
9
| public class CaseSensitive{ public static void main(String[] args){ int angka, Angka; angka = 11 ; Angka = 7 ; System.out.println(angka); System.out.println(Angka); } } |
OUTPUT:
11
7
Coba perhatikan nama variabel angka
dan Angka
memiliki arti yang sama, akan tetapi dalam bahasa Java ini jelas berbeda, variabel angka
memiliki nilai = 11. Sedangkan variabel Angka
memiliki nilai = 7.
Java Modifiers:
Seperti bahasa pemrograman lainnya, modifier memungkinkan untuk modifikasi classes, variables, methods dan constructors. Ada dua jenis modifiers:- Access modifiers: default, public, protected, private
- Non-access modifiers: final, abstract, strictfp
Tidak ada komentar:
Posting Komentar