Google

Hasil penelusuran

Senin, 28 September 2015

Syntax Pada Java

MENGENAL SYNTAX PADA PEMPROGRAMAN JAVA


>>> Definisi Syntax
 Kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa.  
- Syntax mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan/urutan dari pemilihan suatu kata dasar. 
- Kata dikonstruksikan dengan karakter-karakter alfabet. 
   contoh keyword (reserve word) dalam bahasa C : while, do, if, else, dll. 
- Syntax mengatur cara mengkombinasikan kata-kata tersebut ke dalam suatu statement dengan bentuk yang benar sehingga dapat disusun suatu program yang dapat berjalan dengan benar. 
- Syntax tidak mengerti arti atau isi dari suatu kalimat, semantic yang bisa mengartikannya. 
- Syntax menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk kominikasi antara programmer dan pemroses bahasa pemrograman, sehingga mempermudah pembuatan suatu program. 
- Syntax dari bahasa pemrograman didefinisikan dengan dua kumpulan aturan, yaitu aturanlexical dan aturan syntactic. 
- Aturan leksikal menspesifikasikan kumpulan karakter yang terdapat dalam alfabet dari bahasa dan cara supaya karakter-karakter tersebut dikombinasikan ke dalam kata-kata yang valid dan dapat diterima.

>>> Fungsi Syntax
Sintaks berfungsi menyediakan bentuk-bentuk notasi untuk komunikasi antarprogrammer dan pemroses bahasa pemrograman sehingga dapat mempermudah pembuatan suatu program.
>>> Kriteria Syntax
1) Readability : Mudah dibaca.
2) Writeability : Mudah ditulis.
3) Verifiability : Verifikasi program (konsep kebenaran).
4) Kemudahan Translasi : Penerjemah yang cepat & menghasilkan kode yang efisien.
5) Pengurangan Ambiguitas :  Dua arti atau lebih, contoh Array (pemanggilan fungsi)
 >>> Kayword Syntax
 >Abstract
Abstract digunakan untuk mendeklarasikan secara umum dari subclass atau untuk menyatakan kelas atau method. Abstract tidak bisa digunakan secara langsung harus diletakan sebelum tipe variable dan tipe method return.
>Assert 
Assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE 1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya selalu benar di titik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, suatu Assertion error dilemparkan dan program berakhir. Kata kunci ini dimaksudkan untuk membantu dalam debugging.
Dimana expression1 adalah sebuah boolean yang akan melemparkan assertion jika bernilai false,   ketika dilemparkan, pengecualian error pada assertion dengan parameter expression2
> Boolean
Boolean merupakan kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang  yang dapat menyimpan suatu boolean , baik itu false maupun true. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe Boolean.
Adapun contoh penggunaan pada program  :

boolean

 >Break 
Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program di pernyataan segera setelah blok melampirkan saat ini atau pernyataan.jika diikuti oleh sebuah label , program resume eksekusi pada pernyataan segera setelah pernyataan berlabel melampirkan atau memblokir
contoh penggunaan break pada program :
break 
> Case
Case kata kunci digunakan untuk membuat kasus-kasus individu dalam pernyataan switch
>Catch
Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan di blok ditentukan oleh sebelumnya try kata kunci. Kode itu akan dijalankan hanya jika kelas pengecualian dilemparkan adalah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian dideklarasikan oleh catch klausa
Contoh syntax :




catch



>Byte

Byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Contoh Syntax :
>Double 
Double kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe double


 >Extends
Digunakan dalam sebuah deklarasi kelas untuk menentukan superclass. Digunakan dalam deklarasi interface untuk menentukan satu atau lebih superinterfaces. Kelas X Y meluas kelas untuk menambah fungsionalitas, baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan meng-override metode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih interface dengan menambahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y kelas, Interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas. Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah parameter ketika Generics
>Float
Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit presisi tunggal IEEE 754-angka floating point. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe float.
 >Int
Int kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe int
>Protected
Protected kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan, metode, atau kelas batin; anggota yang dilindungi hanya dapat diakses oleh anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang sama. dll.....

>>> Mengenal JAVA
java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek 'object oriented programming (OOP)' yang memfokuskan desain pemrograman pada objek dan class. Dasar-dasar OOP meliputi istilah class, object, attribute, method.
  • Class: adalah model dari suatu objek yang menjelaskan karakteristik (sifat) serta fungsi yang dimiliki dari suatu objek, Class merupakan wadah (tempat) yang digunakan untuk menciptakan suatu objek. Dengan kata lain sebuah Class merupakan blueprint dari suatu objek.
  • Object: Setiap objek selalu memiliki suatu keadaan (state) dan behaviour yang dapat mengubah state tersebut. Contoh: manusia memiliki state: umur, tinggi, berat badan, dan sebagainya. Behaviour yang dimiliki oleh manusia dapat berupa: makan, tidur, bekerja, menua, dan sebagainya.
  • Attribute: adalah elemen data dari suatu class. Atribut menyimpan informasi tentang class, atribut dapat diartikan sebagai data, variable, properti atau sebuah field.
  • Method: adalah sebuah fungsi dalam suatu class, setiap method mempunyai tugas masing-masing, ada dua jenis method dalam bahasa Java yaitu void dan non void method. Void method adalah method yang tidak mengembalikan nilai, sedangkan non void method adalah method yang mengembalikan nilai.

Program Pertama:

Mari kita mulai dengan membuat program sederhana.
Aktivitas Tool/perangkat Output/keluaran
Buat program sederhana Gunakan text editor kesukaan anda Simpan file dengan ekstensi .java
Compile program Java Compiler Akan menghasilkan file berekstensi .class yang dinamakan (Java Bytecodes)
Jalankan program Java Interpreter Output program
Berikut program sederhana yang akan mencetak Hello World.

HelloWorld.java

?
1
2
3
4
5
public class HelloWorld {
 public static void main(String[] args) {
  System.out.print("Hello World!");
 }
}
  • Buka text editor dan ketikan source code di atas.
  • Simpan dengan nama HelloWorld dengan ekstensi .java sehingga menjadi HelloWorld.java
  • Simpan di drive D: di folder java : D:\java atau bisa disesuaikan dengan keinginan anda, jika anda masih bingung ikuti seperti yang saya lakukan.
  • Buka CMD (Command Prompt).
  • Pindah ke path di mana kita menyimpan file HelloWorld.java tadi dengan perintah D: enter cd java enter, sekarang kita sudah berada di path D:\java>.
  • Compile program dengan perintah javac HelloWorld.java dan tekan enter, jika tidak terjadi error kita akan kembali ke path di mana kita berada.
  • Jalankan program dengan perintah java HelloWorld. Jika semua perintah di atas dilakukan dengan benar maka kita akan melihat kata Hello World! yang dicetak dengan perintah System.out.print("Hello World!");
OUTPUT:
D:
D:\>cd java
D:\java>javac HelloWorld.java
D:\java>java HelloWorld
Hello World!

Tentang sintaks Java yang harus diketahui:

  • Case Sensitive: adalah metode yang membedakan penulisan huruf besar dan kecil. Contoh: penulisan Hello dan hello dalam bahasa Java mempunyai arti yang berbeda.
  • Nama Class: semua nama class di Java harus diawali dengan huruf kapital.
    Atau jika nama class memiliki lebih dari satu kata, setiap kata harus diawali dengan huruf kapital.
    Contoh: class HelloWorld
  • Nama Program: nama program harus sama dengan nama class.
    Contoh: jika kita membuat program dengan nama class HelloWorld maka kita harus menyimpannya dengan nama HelloWorld.java
  • Nama Method: nama method harus diawali dengan huruf kecil.
    Atau jika nama method memiliki lebih dari satu kata, kata kedua dan seterusnya harus diawali dengan huruf besar (kapital).
    Contoh: public void iniMethodSaya()
  • public static void main(String[] args) - merupakan main() method yang akan di eksekusi sebagai main program atau program utama dan setiap program Java harus memiliki main() method.

Java Identifiers:

Dalam Java, identifier adalah nama yang diberikan untuk variabel, class dan method.
  • Identifier hanya boleh dimulai dengan huruf (A-Z atau a-z), menggunakan underscore _ dan tanda dollar $.
  • Java key word tidak bisa digunakan sebagai nama identifier.
  • Perlu diingat identifier itu case sensitive.
  • Contoh yang benar menulis identifier: $namavariabel, nama_variabel, $nama_variabel
  • Contoh yang salah menulis identifier: 123namavariabel, -nama_variabel

Contoh Identifier | $CobaIdentifier.java

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
public class $CobaIdentifier{
 public static void main(String[] args){
  String $nama, tanggal_lahir, deskripsi;
  $nama = "James Arthur Gosling";
  tanggal_lahir = "born May 19, 1955";
  deskripsi = "The father of the Java programming language";
  System.out.println($nama);
  System.out.println(tanggal_lahir);
  System.out.println(deskripsi);
 }
}
OUTPUT:
James Arthur Gosling
born May 19, 1955
The father of the Java programming language

Contoh Case Sensitive | CaseSensitive.java

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
public class CaseSensitive{
 public static void main(String[] args){
  int angka, Angka;
  angka = 11;
  Angka = 7;
  System.out.println(angka);
  System.out.println(Angka);
 }
}
OUTPUT:
11
7
Coba perhatikan nama variabel angka dan Angka memiliki arti yang sama, akan tetapi dalam bahasa Java ini jelas berbeda, variabel angka memiliki nilai = 11. Sedangkan variabel Angka memiliki nilai = 7.

Java Modifiers:

Seperti bahasa pemrograman lainnya, modifier memungkinkan untuk modifikasi classes, variables, methods dan constructors. Ada dua jenis modifiers:
  • Access modifiers: default, public, protected, private
  • Non-access modifiers: final, abstract, strictfp
Kita akan membahas lebih rinci lagi tentang Java modifiers di bagian berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar